Search for collections on utndrepository

Strategi Penjualan Pada Apotek Di Kota Medan

Ningtyas, Paradina Hayu (2023) Strategi Penjualan Pada Apotek Di Kota Medan. Other thesis, Universitas Tjut Nyak Dhien.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (653kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Omset merupakan salah satu hal yang terpenting didalam usaha. Suatu usaha dapat berkembangan apabila omset yang didapat lebih besar daripada pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan. Dimana keuntungannya itu bisa digunakan untuk perkembangan daripada usaha tersebut, khususnya usaha apotek. Apotek merupakan tempat dilakukannya pekerjaan kefarmasian yang mempunyai dua fungsi yaitu sebagai bisnis dan pelayanan kefarmasian. Apoteker sebagai pemilik Apotek tidak hanya berbekal untuk ilmu kefarmasian saja tetapi juga mengetahui tentang ilmu ekonomi termasuk manajemen pemasaran Apotek, sehingga perlu adanya cara untuk meningkatkan omset di Apotek. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan omset penjualanan di apotek khususnya di beberapa kota medan.
Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mengunakan kuesioner yang diberikan kepada Apoteker di apotek. Data dikumpulkan dan hasilnya dianalisa menggunakan SPSS 24 Apotek yang bersedia yang ikut berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 11 Apotek.
Hasil penelitian dari 11 Apotek menunjukan bahwa persentase terbesar strategi yang digunakan oleh apotek sebesar 17% dengan cara memastikan obat tersedia lengkap, Pemberian diskon sebesar 17%, kerja sama dengan stakeholder yang lain sebesar 2,12%, promosi seperti pemberian Leaflet(2,12%) dan media digital persentasenya kecil sebesar 6,38%. Strategi penjualan di Apotek hanya dilakukan secara konvensional, belum menggunakan digitalisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Omset, Responden, Apotek
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Unnamed user with email yola@utnd.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2024 08:14
Last Modified: 16 Oct 2024 08:14
URI: http://utndrepository.utnd.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item
View Item