Silaban, Jualprin (2024) Analisa Mekanisme Kerja Peralatan Mesin Diesel Daya 172,5 HP dan Putaran 2100 RPM untuk Penggerak Excavator. Other thesis, Universitas Tjut Nyak Dhien.
COVER.pdf
Download (675kB)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (207kB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (555kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (755kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (223kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (187kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Mesin  diesel adalah sejenis pembakaran dalam yang digunakan sebagai penggerak utama, dalam hal ini mesin diesel tersebut di pakai untuk menggerakan sebuah excavator yang dipergunakan untuk mengorek tanah. Mesin diesel yang dipakai adalah jenis motor bakar 4 langkah dimana sistim kerjanya dua kali putaran poros engkol atau piston naik turun sebanyak 2 kali terjadi 1 kali usaha. Tujuan dari pada judul skripsi ini adalah untuk membahas tentang cara kerja mekanisme peralatan dari komponen-komponen mesin diesel tersebut yang mana setelah mesin bekerja dengan kurun waktu tertentu maka hendaklah mesin dapat diperiksa dari kemungkinan-kemungkinan kerusakan yang  akan mengakibatkan fatal terhadap unjuk kerja mesin secara mekanis. Bagian-bagian terpenting dari komponen  mesin diesel yang harus diperiksa tersebut adalah Piston, Silinder  Liner, Perbandingan Kompresi, Ring Piston dan Poros Cam.Dimana ukuran diameter piston adalah 104,70 mm dan langkah piston 125 mm dan jumlah silinder ada 6 buah, maka luas penampang torak A= Pi/4 x (10,47)2 = 86,05 cm2, untuk volume langkah silinder adalah V = 0,785 x (1.047)2 x 1,25 = 1,075 dm3 jadi volume keseluruhannya untuk 6 silinder 1,075 x 6 =6,45 dm3 sedang perbandingan kompressi adalah volume langkah ditambah volume ruang bakar dibagi volume ruang bakar yaitu 18:1. Hasil 
analisa bahwa piston sesudah dipakai akan menyusut lebih kecil dari sebelum 
pemakaian maka piston wajib di ganti semuanya.Untuk silinder liner sesudah 
pemakaian diperoleh lubang silinder lebih besar dari sebelum pemakaian wajib 
diganti semuanya.Untuk perbandingan kompressi bahwa silinder 3,4,5 dan 6 angka perbandingannya lebih besar dari standart 18 pantas piston diganti. Untuk ring piston semua ke 6 silinder sesudah pemakaian dalam keadaan aus wajib diganti.Untuk poros cam sesudah pemakaian mendapatkan keausan wajib diganti.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Motor Bakar 4 Langkah, Penggerak Excavator, Analisa Peralatan Mesin Diesel, Sebelum Dan Sesudah Pemakaian,Pembahasan, Hasil | 
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery | 
| Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Mesin | 
| Depositing User: | Unnamed user with email yola@utnd.ac.id | 
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 03:52 | 
| Last Modified: | 24 Oct 2025 03:52 | 
| URI: | http://utndrepository.utnd.ac.id/id/eprint/435 | 
        		